Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Manfaat Daun Kelor Dan Cara Mengolahnya

Kalian semua pasti tau tanaman yang biasanya tumbuh liar dan dijadikan pagar pekarangan bagi sebagian masyarakat yang tinggal di desa yang daunnya berwarna hijau segar dan biasanya dibuat sayuran pendamping nasi.


Tanaman yang bernama latin moringa oleifera ini biasanya juga sering digunakan kaum hawa sebagai masker karena baik juga bagi kulit, tanaman yang umum disebut tanaman kelor ini juga telah lama di konsumsi masyarakat sebagai suplemen kesehatan penambah gizi dan penguat kandungan bagi ibu hamil.


Untuk kali ini saya akan bahas tentang 10 Manfaat daun kelor dan cara mengolahnya.


1. Daun kelor bernutrisi tinggi

Tanaman kelor merupakan tumbuhan yang berumur panjang dan pertumbuhanya cepat tahan terhadap segala cuaca, Selain memiliki kandungan asam amino yang baik untuk tubuh dalam Daun kelor juga terkandung banyak vitamin dan mineral.


2. Manfaat daun kelor untuk Mencegah bayi cacat dalam rahim.

Daun kelor mengandung bahan polifenol, flavonoid, dan asam askorbat. Ketiga zat tersebut dipercaya mampu membantu untuk mencegah terjadinya kerusakan pada DNA dan degradasi DNA pada janin dalam kandungan. Bumil yang rutin mengkonsumsi daun kelor dapat mengurangi resiko kecacatan bayi dalam kandungan.


3. Manfaat daun kelor untuk meningkatkan energi tubuh.

Biasanya seorang bumil akan sering merasakan lelah saat mengandung. untuk meningkatkan energi dan daya tahan tubuh. Kamu bisa mengonsumsi daun kelor secara rutin. Kandungan antioksidan pada daun kelor mampu mencegah kerusakan sel dan menjaga konsisi tubuh agar tetap fit, sehat dan bugar.


4. Manfaat daun kelor untuk Mengurangi risiko diabetes getasional saat kehamilan.

Diabetes gestasional merupakan kondisi yang terjadi selama kehamilan. Diabetes ini dapat mempengaruhi cara sel kamu menggunakan glukosa yang bisa membuat gula darah tinggi. Kondisi tersebut dapat mengganggu kehamilan, baik kesehatan ibu maupun anak bisa terganggu.


5. Manfaat daun kelor membantu mencegah tumbuhnya sel kanker.

Daun kelor terkenal dengan kandungan antioksidan yang tinggi. Nggak heran kalau daun kelor mampu membantu mencegah sel kanker. Bahkan kandungan antioksidan daun kelor melebihi anggur merah, bawang putih, dan teh hijau. Berbagai senyawa antioksidan ini mampu mempercepat regenerasi sel DNA  dan mencegah kerusakan berbagai sel tubuh.


6. Manfaat daun kelor untuk membantu kualitas tidur.

Insomnia sering kali menyerang ibu hamil, hal ini wajar terjadi karena adanya perubahan kondisi tubuh yang sering membuat tidak nyaman. Daun kelor mengandung asam amino yang mampu menjaga syaraf untuk menjadi lebih nyaman. Daun kelor bisa dikonsumsi agar ibu hamil bisa terlelap tidur dan merasa lebih rileks.


7. Manfaat daun kelor untuk mengurangi risiko penyakit yang disebabkan peradangan.

Peradangan dapat menjadi permasalahan serius dalam tubuh dan merusak organ, terutama bagi ibu hamil. Jika peradangan terjadi, jangan dibiarkan begitu saja. Peradangan bisa mengakibatkan munculnya risiko kelainan jantung pada bayi. Kandungan yang terdapat pada daun kelor dapat mengatasi peradangan dan membantu mengurangi munculnya inflamasi atau peradangan.


8. Manfaat daun kelor dipercaya baik untuk wanita menopause.

Daun kelor dipercaya dapat membantu meningkatkan kadar antioksidan pada wanita yang mengalami menopause. Untuk mengolahnya disarankan daun kelor dikonsumsi dalam bentuk bubuk. Memasuki masa menopause, kadar antioksidan di tubuh akan menurun akibat berkurangnya produksi hormon estrogen. Tetapi, penelitian lebih lanjut masih diperlukan untuk mengetahui manfat daun kelor tersebut.


9. Manfaat daun kelor untuk menjaga kesehatan otak saat hamil.

Selama kehamilan, sangat penting untuk menjaga kesehatan otak. Kandungan vitamin C dan E yang tinggi pada daun kelor dapat membantu mencegah penurunan fungsi syaraf otak. Selain itu, daun kelor juga dipercaya bisa mengatasi mood-swing atau perubahan suasana hati yang terjadi selama kehamilan.


10. Manfaat daun kelor untuk menjaga kesehatan liver.

Daun kelor memiliki kandungan polifenol yang sangat tinggi. Bahkan beberapa penelitian menyebutkan polifenol memiliki peran sebagai antioksidan dan mampu mengurangi risiko penyakit jantung, pembuluh darah, kanker, dan liver. Kandungan ini penting untuk menjaga kesehatan liver dan dapat mencegah racun yang menumpuk.


Cara mengolah daun kelor :


Agar mudah dikonsumsi ibu hamil daun kelor harus diolah dulu, banyak cara untuk mengolah daun kelor tapi kali ini saya akan bagikan dua cara yang praktis untuk mengolah daun kelor.


- Dengan cara merebus.

Daun kelor hanya cukup dicuci bersih dan merebusnya hingga air mendidih.

kemudian saring dan diambil air rebusanya untuk dikonsumsi lebih baiknya tanpa dicampur apapun.


- Dengan cara dijadikan bubuk.

Caranya cukup mudah dengan menjemur daun kelor hingga kering sebelumnya cuci dulu ya.. biar bersih.

Setelah kering tumbuk sampai halus dan saring pake ayakan pisahkan yang halus dan yang kasar. bubuk halus yang dihasilkan siap sikonsumsi dengan cara dicapur makanan atau minuman.


tulisan ini saya rangkum dari berbagai sumber.

Selamat mencoba!