Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Mengapa Visitor Turun setelah ganti template

Gonta ganti template merupakan hal yang biasa bagi seorang blogger, karena sang pemilik

menginginkan tampilan blog miliknya enak dilihat dan bagus.



Tidak sedikit juga para blogger yang mengganti templatenya dengan template responsive untuk meringakan kinerja dan loading blog nya. 

Namun ada beberapa hal yang banyak belum Diperhatikan oleh seorang blogger mengenai dampak mengganti template terhadap trafik. 

Banyak blogger yang mengalami penurunan trafik yang drastis ketika mengganti template meskipun template barunya berjenis responsive sama seperti halnya blog ini. Setelah searching di google ternyata saya mendapat ilmu tentang hal tersebut. 

Intinya begini, sebuah blog yang sudah banyak trafik dengan template tertentu tentunya struktur blognya sudah tertanam oleh mesin pencari jadi ketika kamu merubah template maka struktur blog di mesin pencari pun akan berubah dan akan menurunkan tingkat popularitas di mesin pencari. 

Jadi sampai begitu pengaruhnya, lalu apalagi hal-hal yang harus diketahui ketika ganti template:

1. Meta Tag Google Analytic

Sama halnya seperti google verification, meta tag google analitic juga harus disalin dulu dari template lama agar sistem indeks google terhadap blog anda tidak mulai dari awal lagi

2. Meta Tag Google Verification

Sama halnya seperti alexa, meta tag google verification juga perlu diperhatikan. Jika anda merubah template maka susunan indeks blog anda di search engine akan berantakan juga. Jadi usahakan salin dulu meta tag google verification sebel0óum anda ganti template.

3 Meta Tag Alexa

Ketika kamu mengganti template blog usahakan untuk menyalin meta tag verification di template lama ke template baru. Alexa pada dasarnya akan mengetahui adanya perubahan template di blog kita. Jadi jika ingin ganti template jangan lupa copas dulu script meta tag alexa di template sebelumnya.

Itulah penyebab mengapa trafik blog anda turun setelah ganti template. Jadi yang mau berencana ganti template lebih baik pikir-pikir terlebih dahulu karena dampaknya akan sangat signifikan kecuali memang anda blogger master SEO. 

Google sangat menyukai website yang templatenya konsisten tidak berubah-rubah. Saya ya pun baru mengetahui tentang hal ini jadi trafik blog ini turun drastis.

Tapi satu hal yang harus tetap anda lakukan jika sudah ganti template adalah tetaplah menulis artikel berkualitas setiap hari agar indeks blog/web anda di search engine kembali normal.

Jika kamu tidak tahu apa itu meta tag silahkan cari di plugin template blog anda lalu search Ctrl + F ketikkan meta tag dan akan muncul banyak di bawah </head>. Silahkan utak atik sendiri dengan searching di google. 

Jadi memang untuk membuat blog yang bagus pada intinya adalah konsisten, template hanya sebagian faktor saja. 

Banyak blog yang templatenya biasa namun isinya bagus, informatif maka ia tetap akan merajai peringkat di search engine. 

Intinya adalah buatlah konten yang menarik, orisinil dan disukai oleh pembaca maka blog anda akan ramai pengunjung.